“Suara Demokrasi” SMP Negeri 4 Pakem Gelar Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berkunjung ke DPRD Sleman

SMP Negeri 4 Pakem Dalam Rangka Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan Tema “Suara Demokrasi”  dimana peserta didik mengamati berbagai hal mengenai kebebasan demokrasi ataupun kebebasan berpendapat di lingkungannya berada pada hari Kamis 8 September 2022,salah satunya dengan mengadakan kunjungan ke DPRD Sleman selaku Rumah Wakil Rakyat Sleman yang beralamat Jl. Parasamya  Beran di komplek Pemda Sleman .

SMP Negeri 4 Pakem, merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri RSBI yang ada di Provinsi D.I. Yogyakarta di Jl. Kaliurang No.KM. 17, Sukunan, Pakembinangun, Pakem,  Sleman dengan segudang prestasi akademik dan lainnya.

Berbagai prestasi itu diantaranya di level Olimpiade Sains Nasional (OSN) kegiatan tahunan yang digelar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) selaku Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Setiap tahun SMP Negeri 4 Pakem tidak pernah absen juara OSN dan selalu melanjutkan koleksi kejuaraan pada tahun-tahun sebelumnya dan pada Tahun 2022 ini, Raizza Talitha Araminta mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta dalam OSN siswi kelas 9 SMP Negeri 4 Pakem berhasil meraih medali perunggu di bidang IPS. Keberhasilan tersebut lagi-lagi menjadi bukti branding SMP Negeri 4 Pakem, “Sekolah Berkarakter Juara”.

Kunjungan dari siswa SMPN 4 Pakem ini di terima langsung oleh Drs. Muhamad Aji Wibowo, M.Si selaku Seketaris DPRD Sleman di Ruang Rapat lantai III.

Dilansir dari laman IG Resmi DPRD Sleman, Drs. Muhamd Aji Wibowo, M.Si menyampaikan hal-hal mengenai tata cara bagaimana menjadi seorang angggota dewan yang mana harus memiliki daerah pemilihan. “ Di Sleman ini terdapat enam (6) daerah pemilihan serta memberikan penjelasan mengenai jumlah komisi yang ada di DPRD Sleman, yang terdiri dari 4 Komisi, yaitu Komisi A mengkaji bidang Pemerintahan; Komisi B mengkaji bidang Keuangan; Komisi C mengkaji bidang Pembangunan; dan Komisi D mengkaji bidang Kesejahteraan Rakyat”.

Pada kesempatan itu juga Drs. Muhamad Aji Wibowo, M.Si menjelaskan mengenai demokrasi menjadi hal yang penting dalam setiap penentuan hal-hal yang berhubungan dengan rakyatnya. Antusiasme siswa-siswi SMP Negeri 4 Pakem dalam mempelajari serta mengenal lebih dalam lagi mengenai DPRD luar biasa. Ada beberapa siswa setelah mendapatkan penjelasan bercita-cita untuk kedepannya dapat menjadi seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat.

Beberapa siswa berkesempatan untuk bertanya mengenai permasalahan sulit apa yang selama ini terjadi dalam pelaksanaan. Drs. Muhamad Aji Wibowo, M.Si menyampaikan bahwa, “permasalahan tersulit yang terjadi dalam pelaksaan di sini adalah PAW (Pergantian Antar Waktu), dimana ada anggota dewan yang bersangkutan berhalangan atau meninggal dunia, maka kami harus menaikan calon yang sebelumnya tidak terpilih sebagai anggota dewan, tapi urutannya di bawah langsung anggota yang terpilih”.

Ikhsan Bagus siswa SMP Negeri 4 Pakem berharap, “ dengan adanya kunjungan ini dapat menambah wawasan terhadap Dewan Perwakilan Rakyat, serta mendapatkan ilmu mengenai prakteknya teori demokrasi”.

Tinggalkan komentar